Penerapan Metode Pembelajaran Problem solving Dalam Menanamkan Moderasi Beragama Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Al-Ikhlash Cikawung Desa Sukamulya Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat

Ridwan Agustin, C1801105 (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Problem solving Dalam Menanamkan Moderasi Beragama Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Al-Ikhlash Cikawung Desa Sukamulya Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (67kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan : Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran problem solving dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami moderasi beragama, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode problem solving dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan metode problem solving dalam menanamkan moderasi beragama terhadap siswa kelas X MA Al-Ikhlash Cikawung. Pada Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) metodeini dilakukan dengan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Dianalisis melalui analisis deskriftif kualitatif yang dilakukan pada prosespembelajaran setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode problem solving dapat memudahkan siswa dalam memahami materi modersasi beragama. Penggunaan metode problem solving memberikan dampak baik dengan Meningkatnya hasil belajar siswa dan pemahaman mengenai materi pembelajaran setiap siklusnya,Ketuntasan siswa ketika siklus I siswa yang tuntas pada pre test sebanyak 3 orang dengan presentase 30 %, kemudian post test siklus I meningkat menjadi 7 orang dengan presentase 70% dan pada pre test siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 7 orang dengan presentase 70% dan meningkat pada post test siklus II sebanyak 10 orang siswa dengan presentase 100% atau semua siswa tuntas dalam pembelajaran. Pada proses pembelajaran memakai metode problem solving terdapat faktor pendukung yaitu kondisi lingkungan kelas, antusias peserta didik dan pengertian dari kepala sekolah sehingga membuat peneliti lebih leluas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Problem solving, Moderasi Beragama, Hasil Belajar
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Diana Rahayu
Date Deposited: 25 Jan 2025 10:14
Last Modified: 25 Jan 2025 10:14
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1375

Actions (login required)

View Item
View Item