Implementasi Kurikulum Pesantren Dalam Upaya Penguatan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah Bandung Barat

M Renaldi Wahab, 2001015 (2024) Implementasi Kurikulum Pesantren Dalam Upaya Penguatan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (142kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)

Abstract

Pondok Pesantren Darul Falah adalah salah satu pesantren modern yang memiliki 1150 santri, namun tidak sedikit santri yang belum memahami dan mengamalkan akhlak. Pendidikan akhlak dalam kurikulum pesantren menjadi salah satu faktor pendukung santri untuk memahami dan mengamalkan pendidikan akhlak itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami proses Implementasi Kurikulum Pesantren dalam Upaya Penguatan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Darul Falah. Untuk hal itu, maka pendekatan kualitatif menjadi salah satu pendekatan yang peneliti gunakan pada penelitian ini yang akan dijelaskan secara deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa proses Implementasi kurikulum melibatkan kebijakan pemerintah, kyai dan pengurus baik di pondok maupun di kelas pengajian. Upaya yang dilakukan ialah proses implementasinya, strategi, tindakan, evaluasi, memberikan pengawasan serta menjadi contoh yang baik adalah upaya dalam merealisasikan kurikulum pesantren. Dan juga faktor internal dari kyai, pengurus dan santrinya serta faktor eksternal. Meskipun terjadi peningkatan kualitas akhlak santri di pesantren Darul Falah yakni dengan adanya suatu upaya yang dilakukan, namun ada saja kekurangan yang terjadi seperti kurang maksimalnya informasi dan koordinasi antara pengurus dan kyai. Untuk itu dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi dan metode yang lebih efektif dalam memperkuat akhlak santri melalui kurikulum pesantren.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Akhlak Santri, Implementasi, Kurikulum Pesantren
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Renaldi Wahab
Date Deposited: 11 Oct 2024 04:24
Last Modified: 11 Oct 2024 07:26
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item
View Item