Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Alam Qurani Cikawung

Mahesya Malik Ibrahim, 2103010 (2024) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Alam Qurani Cikawung. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (118kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran IPA di SD Alam Qurani Cikawung, media pembelajaran merupakan bagian yang harus mendapatkan perhatian guru sebagai fasilitator dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran merupakan salah satu bagian dari proses pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, seorang pendidik perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran supaya dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Masalah yang di dapat media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alasan, di antaranya: keterbatasan waktu dalam mempersiapkan kegiatan mengajar bagi guru sebagai pendidik, guru mengalami kesulitan dalam menentukan model dan jenis media yang tepat. Penelitian ini merumuskan pertanyaan mengenai, proses penerapan media pembelajaran berbasis video, dukungan, serta hambatan penggunaan media pembelajaran berbasis video. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah pengumpulan data di SD Alam Qurani Cikawung menyimpulkan bahwasanya media pembelajaran berbasis video sangatlah penting bagi setiap guru maupun sekolah karna media pembelajaran ini sangat berpengaruh terhadap peserta didik, media pembelajaran berbasis video dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang dimanfaatkan oleh guru sebagai upaya untuk menyampaikan konten pembelajaran yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran, dengan adanya perkembangan media video ini, proses pembelajaran mengadopsi media ini untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Pembelajaran Berbasis Video, IPA.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mahesya Malik Ibrahim
Date Deposited: 10 Oct 2024 09:42
Last Modified: 10 Oct 2024 09:42
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1349

Actions (login required)

View Item
View Item