Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Online (Daring) pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Tahun Ajaran 2020/2021

Riki Somantri, 1701049 (2021) Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Online (Daring) pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Tahun Ajaran 2020/2021. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (95kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)

Abstract

Penelitian ini berawal ketika melihat pelaksanaan pembelajaran yang saat ini dilakukan yaitu pembelajaran home schooling (sekolah di rumah) atau pembelajaran online (daring) karena untuk pembelajaran tatap muka atau belajar di sekolah tidak memungkinkan dikarenakan adanya covid-19, yang di mana pembelajaran yang dilakukan hanya di rumah bahkan pembelajarannya tidak begitu efektif bahkan cenderung siswa atau peserta didik tidak serius dalam melaksanakan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi pembelajaran disaat belajar mengajar dilaksanakan di rumah atau pembelajaran online (daring) yang bertujuan untuk mengetahui; 1) motivasi pembelajaran online (daring), 2) mengetahui kendala pembelajaran online (daring), dan 3) mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasai kendala pembelajaran online (daring). Di sini peneliti menggunakan metode pendekatan penelitian secara kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan lain sebagainya. Karena tujuannya adalah untuk memahami penomena sosial berupa memberikan motivasi pembelajaran online (daring) dalam pembelajaan akidah akhlak.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Motivasi Pembelajaran Online (daring) terhadap Siswa Kelas VII di MTs Baitul Muqoddas Cipongkor cukup baik, hal itu dikarenakan setiap guru mata pelajaran yang memberikan suatu materi selalu memberikan doronganberupa motivasi dan penguatan agar siswa/i-Nya semangat dan giat untuk belajar, (2) Kendala Pembelajaran Online (daring) terhadap Siswa Kelas VII di MTs Baitul Muqoddas Cipongkor sangat sedikit karena banyak dibantu oleh gurunya, dan (3) Upaya Guru dalam Mengatasi Kendala Pembelajaran Online (daring) terhadap Siswa Kelas VII di MTs Baitul Muqoddas Cipongkor dapat diatasi, karena semua pihak sekolah dan guru yang mengajarnya semuanya saling memberikan solusi dan saling membantu satu sama lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Meningkatkan, Motivasi, Belajar Online, Masa Pandemi
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imron Al Fauzi
Date Deposited: 01 Oct 2024 08:06
Last Modified: 01 Oct 2024 08:06
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item
View Item