Implikasi Metode Hafalan Kitab Aj-Jurumiyah Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Turats Pondok Pesantren Pembangunan Sumur Bandung (Studi kasus pada Santri Tingkat 1A Pondok Pesantren Pembangunan Sumur Cililin Bandung Barat)

Akmal Fauzi Indrawan, 2001003 (2024) Implikasi Metode Hafalan Kitab Aj-Jurumiyah Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Turats Pondok Pesantren Pembangunan Sumur Bandung (Studi kasus pada Santri Tingkat 1A Pondok Pesantren Pembangunan Sumur Cililin Bandung Barat). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (107kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)

Abstract

Metode hafalan dalam pembelajaran kitab Aj-Jurumiyah merupakan salah satu metode yang diterapkan dalam pembelajaran tersebut di mana pengajar menyeru para santri untuk menghafal isi teks dari kitab Aj-jurumiyah yang menerangkan kaidah ilmu nahwu yang membahas gramatikal tata bahasa Arab. Di mana salah satu hasil dari mempelajari hal tersebut ialah mampuh membaca kitab kuning lainnya. Akan tetapi hal tersebut juga menjadi suatu problem/kendala yang dihadapi oleh beberapa santri khususnya santri tingkat awal, di mana para santri tersebut mengalami kesulitan dalam melakukan hal tersebut. Hal ini terjadi pada santri tingkat 1A di pesantren Sumur Bandung, yang mana para santri ini belum mampu untuk membaca kitab turats sehingga para santri ini kesulitan dalam memahami isi dari materi pada kitab tersebut. Oleh karena itu, penelilitian ini dilakukan berdasarkan hal tersebut bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya implikasi dari metode pembelajaran tersebut terhadap kemampuan santri tingkat 1A dalam membaca kitab turats. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif studi kasus, yang menggunakan metode deskriptif. Lalu untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode hafalan kitab Aj-Jurumiyah ini sangat berdampak meskipun tidak 100% pada kemampuan santri tingkat 1A tersebut dalam membaca kitab turats, yang mana dampak tersebut berpengaruh pada hasil pemahaman kaidah ilmu nahwu santri menjadi meningkat dan menguat, sehingga santri tersebut nantinya dapat mengimplementasikannya dalam pembacaan kitab turats. Meskipun di sini para santri tersebut belum terlalu menguasai kemampuan membaca kitab turats tersebut, akan tetapi secara bertahap para santri tersebut pasti dapat melakukannya meskipun perlu memakan waktu lama. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode hafalan dalam kitab Aj-Jurumiyah mempunyai dampak pada kemampuan santri tingkat 1A pondok pesantren pembangunan Sumur Bandung dalam membaca kitab turats.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Kitab Aj-Jurumiyah, membaca kitab turats, metode hafalan
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akmal fauzi indrawan
Date Deposited: 30 Sep 2024 04:36
Last Modified: 30 Sep 2024 04:36
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item
View Item