Pitriah Nurhidayanti, 2001052 (2024) Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kesadaran Siswa Menjaga Sarana Dan Prasarana Di MTs Darunadwah Kecamatan Cipongkor. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (172kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (60kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (45kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (591kB)
Abstract
Pendidikan lingkungan hidup merupakan bagian dari kehidupan peserta didik. Pada lingkunganlah anak didik hidup dan berinteraksi dalam mata rantai kehidupan yang disebut dengan ekosistem. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana bentuk keterlibatan warga sekolah dalam mewujudkan PLH, Strategi PLH, serta hasil dari peran warga sekolah dalam mewujudkan PLH di MTS Darunadwah Kecamatan Cipongkor. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan keterlibatan warga sekolah dalam mewujudkan PLH. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian dilakukan di MTS Darunadwah Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data. digunakan trianggulasi sumber, dan trianggulasi waktu. Proses PLH berjalan dengan baik hanya saja masih terdapat beberapa siswa-siswi yang kurang dapat melaksanakannya sehingga dalam menjaga lingkungan hidup di sekolah dan menjaga sarana dan prasarana masih kurang. Lingkungan dalam lembaga agama islam dapat diwujudkan melalui pendekatan terciptanya lingkungan agamis, terealisisnya sarana pribadahan, terwujudnya metode pembelajaran dengan khususnya nilai-nilai agama yang berbasis lingkungan dan terwudnya teladan dari pendidik yang memiliki akhlak mulia khususnya memiliki kesadaran terhadap lingkungan keagamaan. Hasil penelitian ini adalah keterlibatan kepala sekolah dalam mewujudkan pendidikan lingkungan hidup yaitu sebagai pemimpin (memberi kebijakan, edukator (pendidik). Peran guru dalam implementasi pendidikan lingkungan hidup yaitu sebagai pemimpin edukator (pendidik), menjadi evaluator. Hasil dari peran warga sekolah dalam mewujudkan pendidikan lingkungan hidup yaitu tumbuhnya karakter peduli terhadap lingkungan, lingkungan sekolah bersih dan nyaman.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Menumbuhkan Kesadaran Siswa, Menjaga Sarana Prasaran |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pitriah Nurhidayanti |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:11 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:11 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1287 |