Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Di Madrasah Diniyah Al Ikhwan Batujajar

Bunga Sifa Ismi Mahesa, 2001035 (2024) Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Di Madrasah Diniyah Al Ikhwan Batujajar. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (118kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini merujuk pada fenomena yang muncul di Madrasah Diniyah Al-ikhwan Batujajar yang mana terdapat ketidak merataan kemampuan membaca Al Qur’an santri madrasah diniyah Al Ikhwan Batujajar. Hal ini mungkin saja di sebabkan oleh minat dan keinginan santri yag berbeda-beda. Beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut; 1). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan kemampuan membaca Al Qur’an santri di madrasah diniyah Al Ikhwan. 2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi dari strategi yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an di Madrasah Diniyah Al Ikhwan. 3). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi dari strategi yang di gunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an di Madrasah Diniyah Al Ikhwan. peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif studi kasus. Temuan penelitian didapati terkait dengan proses pengimplementasian strategi yang di gunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al quran di Madrasah Diniyah Al-Ikhwan Batujajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hasil evaluasi dari strategi peningkatan kemampuan membaca Al quran di Madrasah Diniyah Al-Ikhwan Batujajar dikatakan baik dan berhasil. Para santri mengalami peningkatan dalam memahami kaidah tajwid, santri sudah penguasai materi mengenai makhorijul huruf dan sifatul huruf, dan hafalan santri juga meningkat. Baik hafalan juz ‘amma, do’a sehari-hari, maupun hafalan mahfudzotnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Kemampuan membaca Al quran, Strategi peningkatan.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bunga Sifa Ismi Mahesa
Date Deposited: 27 Sep 2024 06:51
Last Modified: 27 Sep 2024 06:51
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item
View Item