Implementasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di SPS Nurul Huda Pataruman

Iis Nuraidah, 2102036 (2024) Implementasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di SPS Nurul Huda Pataruman. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (110kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)

Abstract

Pola asuh adalah cara orangtua membantu dan membimbing anak agar dapat hidup mandiri, sedangkan kemandirian adalah sikap anak yang sudah mampu memikul tanggung jawab atas dirinya sendiri. Implementasi pola asuh orangtua dalam membentuk kemandirian anak usia 5-6 tahun di SPS Nurul Huda Pataruman adalah sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemandirian anak usia dini di faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan analisis data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang bersifat induktif/kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi, observasi dan wawancara, adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Kemandirian anak di SPS Nurul Huda Pataruman masih rendah terutama pada aspek kemapuan fisik, percaya diri, disiplin, dan pengendalian emosi, (2) Implementasi pola asuh orangtua terhadap kemandirian anak dilakukan dengan cara memberi contoh atau menjadi suri tauladan serta mengajarkan anak mengendalikan emosi,(3) terakhir adalah faktor yang menjadi penghambat tumbuhnya kemampuan kemandirian anak yaitu, sikap orangtua yang berlebihan dan orangtua yang terlalu melindungi atau memberikan kasih sayang yang salah. Peneliti menyimpulkan pola asuh yang baik dan disarankan peneliti adalah pola asuh yang demokratis yang membebaskan anak berpendapat atau berekspresi namun tetap kontrol orangtua.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Pola asuh Orang Tua, Kemandirian, Anak Usia Dini
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Iis Nuraidah
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:31
Last Modified: 25 Sep 2024 07:31
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item
View Item