Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Darunadwah

Ema Ajimatu Sa'diyah, 1601013 (2020) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Darunadwah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (670kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Yang melatarbelakangi penelitian ini dilakukan di sekolah/madrasah adalah karena tanggung jawab utama negara dan masyarakat dalam mempersiapkan generasi muda masa depan yang berkualitas di bidang ilmu, moral, mental, dan perjuangan adalah dimulai dari lembaga sekolah/madrasah. Selain itu, lembaga pendidikan formal selama ini disinyalir hanya mementingkan aspek kecerdasan akademik, serta mengesampingkan aspek kecerdasan emosi dan spiritual. Terhadap karakter bangsa yang sedang mengalami penurunan moral, diantaranya adalah meningkatkannya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obtan dan lain sebagainya. Dalam hal ini sekolah khususnya dalam pembelajaran aqidah akhlak memiliki peran besar dalam penyadaran nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter pada pelajaran aqidah akhlak di MTs Darunadwah. 2) mengetahui kendala dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran aqidah akhlak di MTs Darunadwah. 3) mengetahu bagaimana hasil dari implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Darunadwah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dalam rangka mengungkapkan, menggambarkan, dan menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan implementasi pendidikan karakter pada pelajaran aqidah akhlak. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif, yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1) implementasi pendidikan karakter di MTs Darunadwah sudah dilakukan semaksimal mungkin dengan membiasakan menjaga kebersihan dan sopan santun terhadap guru 2) kendala dalam implementasi pendidikan karakter yaitu kurangnya kerja sama antara keluarga dan masyarakat untuk membentuk karakter anak di sekolah 3) hasil dari implementasi pendidikan karakter di MTs Darunadwah yaitu belum mencapai hasil yang di harapkan oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Implementasi Pendidikan Karakter, Pembelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 28 Jul 2023 20:23
Last Modified: 01 Apr 2024 05:54
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item
View Item