Implementasi Imtihan Kepesantrenan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah Bandung Barat

Ardi Kurnia Ramdani, 2001007 (2024) Implementasi Imtihan Kepesantrenan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (82kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada dasarnya seorang santri cenderung memahami pelajaran yang mereka pelajari dengan lebih efektif, dan semakin mereka mendalami pelajaran tersebut, semakin kuat pula pemahaman mereka. Namun kenyataannya, masih banyak santri yang masih kurang memperhatikan pemahaman pelajaran. Dengan adanya hasil belajar melalui proses evaluasi menjadikan seorang santri mendapatkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Pondok Pesantren Darul Falah Bandung Barat merupakan salah satu lembaga pendidikan pesantren modern dengan adanya pola pendidikan pesantren yang mempertahankan pola pendidikan tradisional dan menerapkan program imtihan pesantren sebagai bentuk evaluasi peningkatan hasil belajar santri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi imtihan, faktor pendukung dan pemnghambat implementasi imtihan, serta dampak dari imtihan kepesantrenan pada peningkatan hasil belajar santri. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu dengan menggambarkan, menguraikan suatu masalah berdasarkan fakta secara langsung di lapangan serta menganalisis satu variabel dengan variabel lain tentang implementasi imtihan kepesantrenan terhadap peningktan hasil belajar santri di Pondok Pesantren Darul Falah Bandung Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, implementasi imtihan dilalui dengan dua tahapan yaitu; perencanaan, dan pelaksanaan imtihan. Pada proses implementasi terdapat faktor pendukung dan penghambat yang berdampak pada hasil imtihan dan tentunya berdampak terhadap peningkatan hasil belajar santri. Meningkatnya motivasi/semangat belajar, konsisten dalam belajar dan peningkatan hasil belajar menjadi dampak dari implementasi imtihan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi imtihan pesantren memiliki dampak yang positif terhadap meningkatnya hasil belajar santri yang signifikan di Pondok Pesantren Darul Falah Bandung Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Implementasi, Imtihan Kepesantrenan, Hasil Belajar
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ardi Kurnia Ramdani
Date Deposited: 21 Sep 2024 02:45
Last Modified: 21 Sep 2024 02:45
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1231

Actions (login required)

View Item
View Item