Analisis Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Di MIS Gombong

Erma Mahriah, 2103004 (2024) Analisis Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Di MIS Gombong. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (130kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa-siswi MIS Gombong dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif deskriftif dan teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi atau gabungan antar ketiganya. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, pembina pramuka, guru-guru kelas 4-6, dan anggota pramuka perwakilan dari kelas 4-6. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, observasi, wawancara dan dokumen. Proses analisis data penelitian ini dilakukan melalui tahapan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik validasi data yang dilakukan oleh peneliti adalah menggunakan triangulasi. Adapun sumber data yang di triangulasi adalah hasil observasi, hasil wawancara dan hasil dokumen. Selain itu, peneliti juga menggunakan triangulasi sumber, yakni: kepala sekolah, guru, pembina pramuka dan siswa. Hasil analisis data penelitian menunjukkan hal-hal berikut: (1) sekolah telah berupaya untuk memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka, dengan berbagai cara, yaitu mengunjungi kelas, mensosialisasikan dan memberikan semangat kepada siswa. (2) Pembina pramuka membuat rencana kegiatan pramuka yang sesuai dengan buku Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka selama kegiatan pramuka dan menyiapkan permainan menarik selama kegiatan pramuka agar siswa lebih termotivasi. (3) siswa banyak tertarik dengan kegiatan pramuka karena pramuka sering diadakan di luar kelas, melaksanakan kegiatan kegiatan menarik, melaksanakan kemah dan perlombaan diluar sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: motivasi, kegiatan pramuka
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erma Mahriah
Date Deposited: 23 Sep 2024 08:40
Last Modified: 23 Sep 2024 08:40
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1124

Actions (login required)

View Item
View Item