Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Pada Minat Baca Siswa Kelas I MIS Muslimin Tegalkoneng

Siti Sofia Solihah, 2103015 (2024) Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Pada Minat Baca Siswa Kelas I MIS Muslimin Tegalkoneng. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media kartu kata bergambar adalah kartu yang terdapat kata disertai gambar,digunakan untuk membantu anak membaca dengan menunjukkan kata yang juga terdapat gambar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca siswa kelas I MIS Muslimin Tegalkoneng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan serta penggunaan media kartu kata bergambar dalam mengatasi minat baca siswa kelas I MIS Muslimin Tegalkoneng. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dan solusi saat penggunaan media kartu kata di kelas I MIS Muslimin Tegalkoneng. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa 1) Perencanaan penggunaan media kartu kata bergambar berjalan dengan baik melalui serangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan oleh guru. 2) Proses penggunaan media kartu kata bergambar untuk mengatasi minat baca siswa berjalan efektif, respon siswa terlihat antusias dan mereka lebih aktif saat membaca menggunakan media ini. Proses penggunaan media kartu kata bergambar mempunyai beberapa langkah yang dapat dilakukan. 3) Dalam proses penggunaan media kartu kata bergambar ada hambatan yang dialami yaitu konsentrasi siswa, serta peran orang tua. Adapun solusinya adalah membuat pembelajaran lebih menyenangkan, dan mengajak bekerja sama dengan para orang tua. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar ini berhasil mengatasi minat baca siswa kelas I MIS Muslimin Tegalkoneng dengan serangkaian kegiatan yang telah dilakukan oleh guru. Kesulitan saat penelitian adalah kurangnya informasi yang mendalam dari informan. Saran dan Rekomendasi mengenai penelitan adalah menganalisis lebih dalam mengenai media kartu kata bergambar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Media, Kartu, Kata, Minat, Baca
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Sofia Solihah
Date Deposited: 18 Sep 2024 05:27
Last Modified: 18 Sep 2024 05:27
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item
View Item