Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Sentra Bermain Peran pada Kelompok B di RA Assalafiyyah

Syilfa Fauzia, 2102043 (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Sentra Bermain Peran pada Kelompok B di RA Assalafiyyah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (173kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menekankan pada konsep "Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”. Merdeka belajar dapat diartikan sebagai kebebasan untuk bermain, karena bermain pada hakikatnya adalah suatu bentuk pembelajaran bagi anak usia dini. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka melalui sentra bermain peran dan hambatan apa saja yang dihadapi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara dengan mewawancarai kepala sekolah, wakil bidang akademik bagian kurikulum, dan guru sentra bermain peran. Teknik observasi dilakukan dengan mengamati pelaksanaan pembelajaran, serta teknik dokumentasi berupa RPP dan Penilaian yang digunakan guru sentra bermain peran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pada sentra bermain peran sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka sesuai dengan konsep merdeka belajar merdeka bermain bagi anak Hal ini terlihat dari guru berhasil menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru telah melaksanakan diferensiasi pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka, pembelajaran lebih beragam dan tidak monoton. Anak-anak menunjukkan tingkat antusiasme yang tinggi karena pembelajaran lebih maksimal dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Impelementasi, Kurikulum Merdeka, Sentra Bermain Peran
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Syilfa Fauzia
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:37
Last Modified: 11 Sep 2024 08:37
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item
View Item