Riska Apriyanti, 1601038 (2020) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Ibadah) Melalui Metode Demontrasi. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.
(Cover).docx - Published Version
Download (145kB)
(Bab 1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
(Bab 2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (246kB)
(Bab 3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (138kB)
(Bab 4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
(Bab 5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (415kB)
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran sangat ditentukan oleh pemahamannya terhadap komponen-komponen mengajar dan kemampuan menerapkan atau mengatur sejumlah komponen pembelajaran secara efektif. Guru sebagai salah satu sumber belajar berkewajiban menyediakan lingkungan belajar yang kreatif bagi kegiatan belajar siswa di kelas. Salah satu kegiatan yang harus guru lakukan adalah melakukan pemilihan dan penentuan metode bagaimana yang akan di pilih untuk mencapai tujuan pengajaran khususnya pada mata pelajaran fiqih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi salat kelas VII di MTs Miftahul Ulum Gununghalu? 2) Bagaimana penerapan metode demontrasi pada pembelajaran fiqih materi salat kelas VII di MTs Miftahul Ulum Gununghalu? 3) Bagaimana hasil belajar siswa dari penerapan metode demontrasi pada pembelajaran fiqih materi salat kelas VII di MTs Miftahul Ulum Gununghalu? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi salat kelas VII di MTs Miftahul Ulum Gununghalu? 2) Mengetahui bagaimana penerapan metode demontrasi pada pembelajaran fiqih materi salat kelas VII di MTs Miftahul Ulum Gununghalu? 3) Mengetahui Bagaimana hasil belajar siswa dari penerapan metode demontrasi pada pembelajaran fiqih materi salat kelas VII di MTs Miftahul Ulum Gununghalu. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Studi kasus dengan lokasi penelitian di MTs Miftahul Ulum Gununghalu. Adapun sumber data pada penelitian ini yaitu guru fiqih dan peserta didik kelas VII di MTs Miftahul Ulum Gununghalu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan triangulasi. Teknik analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Upaya guru upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi salat kelas VII di MTs Miftahul Ulum Gununghalu sudah tercapai dengan baik. 2) Penerapan metode demontrasi pada pembelajaran fiqih materi salat kelas VII di MTs Miftahul Ulum Gununghalu dilakukan 2 tahap. Proses pelaksanaan yaitu dengan melalui demontrasi pada siklus I dan siklus II dengan mengadakannya tes. 3) Penerapan metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi shalat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | upaya guru dalam mengajar pelajaran fiqih, penerapan metode demontrasi, hasil belajar siswa |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan STAI Darul Falah |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 19:24 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 04:49 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/108 |