Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Negeri 2 Cihampelas Kabupaten Bandung Barat

Egi Ginanjar, B1801044 (2022) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Negeri 2 Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (160kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP NEGERI 2 CIHAMPELAS KABUPATEN BANDUNG BARAT Oleh: Egi Ginanjar Dalam pembelajaran di kelas yang mesti diperhatikan oleh guru yaitu bagaimana menciptakan suasana belajar yang kondusif, menyenangkan, aktif, menarik serta efektif sesuai tujuan pembelajaran. Untuk mencapai maksud tersebut, guru disarankan menggunakan beragam media pembelajaran, di antaranya media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar, besaran pengaruh dan persamaan regresi liniernya. Persamaan regresi linier dilakukan bertujuan untuk mengetahui bentuk hubungan penggunaan audio visual terhadap motivasi belajar apakah bersifat positif atau sebaliknya. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media
audio visual terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai signifkan sebesar 0,001 < 0,05 serta diperkuat dengan hasil analisis nilai t-hitung sebesar 3,986 > 2,003. Hal ini memiliki makna bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R-Square) besaran pengaruh variabel media audio visual (x) terhadap variabel motivasi belajar (y) adalah sebesar 0,192 atau 19,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sedangkan hasil persamaan regresi diketahui dari nilai Constants sebesar 20,212 dan nilai media audio visual (b/koefisien regresi) sebesar 0,440 (output tabel coefficients). Hal ini memiliki makna setiap penambahan 1% nilai media audio visual, maka akan bertambah 1% motivasi belajar siswa. Ini berarti dapat disimpulkan penggunaan media audio visual berpengaruh positif terhadap motivasi belajar PAI. Semakin baik guru mengelola dan menggunakan media audio visual, maka semakin memiliki potensi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Kata Kunci: Mata Pelajaran PAI; Media Audio Visual; Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Mata Pelajaran PAI; Media Audio Visual; Motivasi Belajar
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 28 Jul 2023 19:14
Last Modified: 16 Mar 2024 08:04
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item
View Item