Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Bermain Sensorimotor Di Kelompok B RA Baiturrahmat Neglasari

Eulis Mirayanti, 2102048 (2024) Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Bermain Sensorimotor Di Kelompok B RA Baiturrahmat Neglasari. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (144kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Konsentrasi belajar merupakan fokus perhatian dalam kesadaran dari siswa terhadap materi pembelajaran yang sedang dipelajari. Penelitian ini dilakukan di RA Baiturrahmat Neglasari, ditemukan konsentrasi peserta didik di RA Baiturrahmat Neglasari masih kurang dalam berkonsentrasi saat pembelajaran disebabkan karena kurangnya metode dalam pembelajaran. Peserta didik kurang memperhatikan guru berbicara di depan kelas, makan, ngobrol atau mengganggu teman sebangkunya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini melalui bermain sensorimotor serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan konsentrasi belajar. Jenis bermain sensorimotor yang digunakan yaitu proprioseptif dan taktil. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami di lapangan. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan 20 peserta didik kelompok B. Alat pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian terdapat 17 peserta didik yang Berkembang Sangat Baik (BSB) dan 3 peserta didik yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dari hasil penilaian observasi konsentrasi belajar anak usia dini dengan bermain sensorimotor. Faktor pendukung kegiatan bermain sensorimotor adanya kerjasama yang baik antara guru dan kepala sekolah dan adanya dukungan orangtua siswa. Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan bermain sensorimotor yaitu guru mengalami kesulitan ketika pengkondisian siswa, waktu belajar yang singkat, kurangnya fasilitas atau sarana prasarana. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dari ketiga permainan sensorimotor antara lain bermain gelembung, bermain tanah liat serta menggambar dan mewarnai di RA Baiturrahmat Neglasari konsentrasi belajar peserta didik telah meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Konsentrasi Belajar, Bermain Sensorimotor.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Eulis Mirayanti
Date Deposited: 27 Aug 2024 10:14
Last Modified: 27 Aug 2024 10:14
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1053

Actions (login required)

View Item
View Item