Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjama’ah Dalam Meningkatkan Aspek Spiritualitas Siswa (Penelitian Pada Siswa Kelas XI di SMK Karya Bhakti Pusdikpal Cimahi)

Azi Maulana, 1601009 (2020) Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjama’ah Dalam Meningkatkan Aspek Spiritualitas Siswa (Penelitian Pada Siswa Kelas XI di SMK Karya Bhakti Pusdikpal Cimahi). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (169kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah upaya untuk melihat pembiasaan shalat dzuhur berjamaah dalam meningkatkan aspek spiritualitas siswa dilatar belakangi oleh adanya kebiasaan siswa yang kurang memperhatikan waktu shalat dzuhur, ketika adanya shalat dzuhur berjamaah siswa lebih terjaga dalam shalatnya dan memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan shalat tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah dalam meningkatkan aspek spiritual siswa di SMK Karya Bhakti Pusdikpal Cimahi, 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan shalat dzuhur berjamaah dalam meningkatkan aspek spiritual siswa di SMK Karya Bhakti Pusdikpal Cimahi 3)mengetahui hasil peningkatan aspek spiritual siswa melalui shalat dzuhur berjamaah di SMK Karya Bhakti Pusdikpal Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di SMK Karya Bhakti Pusdikpal. Prosedur pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data peniliti menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1)Pembiasaan Shalat dzuhur Berjamaah di SMK Karya Bhakti Pusdikpal Cimahi yang sudah rutin dilakukan, dan kegiatan ini merupakan atas perintah dari Kepala Sekolah yang terdahulu, Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah ini dilaksanakan setiap hari. Waktu Pelaksanaan Shalat Dzuhur yaitu pada pukul 12.30 WIB s/d selesai. 2)Faktor Pendukung Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjama’ah yaitu, Guru-guru yang memberikan kesempatan, Kesiswaan dan Pembina Rohis yang menjalankan, DKM Masjid memberikan izin dan Fasilitas Masjid yang memadai Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu kekurangan Pembina dan Osis, Jarak dari kelas ke masjid terlalu jauh, siswa suka enggan melaksanakan shalat dzuhur berjamaah 3)Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah dalam Meningkatkan Aspek Spiritualitas Siswa adalah menjadi salah satu peluang untuk bisa membaca karakter spiritualitas siswa masing-masing, dan menjadi salah satu bahan untuk bersamasama mendekatkan diri kepada Allah agar senantiasa menjaga shalat 5 waktunya salah satunya adalah Shalat Dzuhur Berjamaah, dan untuk menciptakan terjalinnya hubungan silaturahmi yang erat, dan menjadi satu kenang-kenangan untuk nanti ketika siswa meninggalkan sekolah mereka terbiasa melaksanakan shalat berjamaah khususnya shalat dzuhur berjama’ah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Shalat Dzuhur Berjamaah, Aspek Spritulitas Siswa
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 28 Jul 2023 19:12
Last Modified: 01 Apr 2024 05:26
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item
View Item