Analisis Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Di RA Miftahul Falah Selakopi

Nurul Siti Azizah, 2002008 (2024) Analisis Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Di RA Miftahul Falah Selakopi. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (148kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kurangnya konsentrasi anak ketika belajar, seperti kurangnya memperhatikan saat guru menjelaskan, kesulitan dalam mengerjakan tugas, kesulitan dalam menerima informasi yang di sampaikan. Sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi anak, karena konsentrasi adalah kunci utama berhasil dalam belajar (Santrock, 2014: 50) Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemudian mendeskrripsikan bagaiamana tingkat konsentrasi belajar Anak Usia Dini di RA Miftahul Falah, kemudian upaya yang dilakukan guru dan hambatan konsentrasi yang ditemukan oleh guru. Jenis penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitian deskriptif, ditujukan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena yang ada, baik bersifat alamiah maupun rekayasa manusia, yang memperhatikan karakteristik, kualitas, keterkaitan antar kegiatan. Dilaksanakan observasi sebanyak empat pertemuan dengan tema alam semesta dan sub tema Benda Langit sub sub tema bintang, matahari dan awan sebanyak 2 pertemuan. Hasil penelitian tingkat konsentrasi belajar anak dilihat dari 4 aspek yaitu perilaku kognitif, perilaku afektif, perilaku psikomotor dan perilaku bahasa dari hasil observasi menunjukan bahwa perkembangan bahasa lebih bekembang daripada kognitif, afektif dan psikomotornya. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini di RA Miftahul Falah Selakopi diantaranya membuat rules atau aturan, membuat batasan waktu, membagi waktu belajar berupa penggunaan RPPH, menjumput benda kecil, menyusun balok. Adapun faktor internal yang ditemukan terdapat anak datang ke sekolah dalam keadaan ngantuk dan lesu yang disebabkan kurangnya tidur pada malam hari, hal ini sangat berkaitan erat dengan pola asuh orang tua. Dari faktor eksternal atau hambatan dari luar yaitu kelas yang kurang luas sehingga kursipun ditiadakan karena jika ada, ruang kelas akan semakin sempit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Anak Usia Dini, Konsentrasi Belajar.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nurul Siti Azizah
Date Deposited: 24 Aug 2024 10:38
Last Modified: 24 Aug 2024 10:38
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1036

Actions (login required)

View Item
View Item