Ropiat Sobariah, 1702002 (2021) Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemapuan Membaca Awal Anak Di Kelas B Raudhatul Athfal (RA) Nurul Hidayah Cililin. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (68kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (45kB)
Abstract
Penelitian pada anak kelas B di RA Nurul Hidayah Cililin dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca awal yang masih kurang. Masih ada anak kesulitan dalam mengenal dan mengingat huruf vokal- konsonan. Perlu penggunaan media yang menarik dalam membaca awal, salah satunya dengan media kartu huruf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca awal di kelas B RA Nurul Hidayah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen jenis quasi bentuk Nonequivalent Control Group Design, subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 16 anak yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen terdiri dari 8 anak dan kelompok kontrol terdiri dari 8 anak. Pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi dan dokumentasi, Teknik analisis data menggunakan uji Manm Whitney U test dengan rumus U hitung < U tabel, maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh anatara dua variable. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pada kemampuan membaca awal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum ada treatment dikatakan belum berkembang terlihat dari jumlah skor 124 untuk kelompok eksperimen dan 112 untuk kelompok kontrol, setelah adanya perlakuan mengalami peningkatan untuk kelompok eksperimen dengan skor awal 124 menjadi 181 dan berdasarkan hasil analisis data antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam membaca awal diperoleh harga nilai U2 lebih kecil daripada harga nilai U1. NilI U2 sebesar 1,5 kemudian nilai U2 dibandingkan dengan nilai Utabel dengan tingkat kesalahan 0,05 dengan jumlah n1= 8 dan n2= 8 diperoleh nilai tabel sebesar 15, maka harga U hitung lebih kecil dari nilai U tabel (2<5) sehingga H0 ditolak dan ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu huruf berpengaruih signifikan terhadap kemampuan membaca awal anak kelas B RA Nurul Hidayat Cililin.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Kemapuan Membaca awal, Media Kartu Huruf |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | UPT Perpustakaan STAI Darul Falah |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 18:57 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 03:58 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/102 |