Implementasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Senam Irama Di SPS Asy-Syiffa

Nuraeni, 2102010 (2024) Implementasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Senam Irama Di SPS Asy-Syiffa. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (96kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan kinestetik anak usia dini dapat dikembangkan melalui kegiatan senam irama, karena pada masa usia dini anak sangat senang bergerak apalagi diiringi irama musik dan lagu yang semangat riang gembira. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana kegiatan senam irama di SPS ASY-SYIFFA dan bagaimana implementasi pengembangan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan senam irama di SPS ASY-SYIFFA. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif, data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan subjek 15 orang anak. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kegiatan senam irama di SPS ASYIFFA dilakukan 1 minggu sekali pada hari rabu dengan menggunakan senam irama Putri Halim dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap pemanasan tahap inti dan tahap pendinginan, gerakan pada tahapan tersebut mengacu pada indikator tingkat pencapaian perkembangan anak. Implementasi pengembangan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan senam irama di SPS ASY-SYIFFA dinilai sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan senam dan evaluasi yang dilakukan oleh guru serta penguasaan guru dalam gerakan senam. Perkembangan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melaui senam irama Aiya Susanti dan 1 2 3 Angkat tanganmu dari jumlah 15 orang peserta didik terdapat 7 anak yang sudah berkembang sangat baik dan 8 anak sudah berkembang sesuai harapan dalam perkembangannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Kecerdasan Kinestetik, Kegiatan Senam Irama
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nuraeni Nuraeni
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:32
Last Modified: 14 Aug 2024 02:32
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1005

Actions (login required)

View Item
View Item