Wida Sunengsih, 1901042 (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X Di Sma Darul Falah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (146kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (674kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (652kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (748kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (764kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (468kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (830kB)
Abstract
Pembelajaran berbasis proyek ( Project Based Learning ) adalah sebuah model pembelajaran yang inovatif yang menekankan belajar kontekstual melalui keterlibatan siswa dalam kerja proyek, melalui pembelajaran kerja proyek, kreativitas dan motivasi peserta didik dapat meningkat. Sejalan dengan hal tersebut masih terdapat permasalah yang terjadi dilapangan yaitu seperti penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional sehingga menimbulkan rendahnya motivasi belajar dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Darul Falah, dan untuk mengetahui model pembelajaran projek dan motivasi belajar siswa yang ada di SMA Darul Falah. Jenis pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksplanasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji linearitas diketahui nilai sig deviation from Linearity adalah 0,214 > 0,05. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa nilai R = 0,405 dan koefisien determinasi ( Rsquare) sebesar 0,164. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa (Y) dipengaruhi sebesar 16,4% oleh model pembelajaran projek based learning (X), sedangkan sisanya 83,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji hipotesis didapat nilai (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara projek based learning (X) dengan motivasi belajar (Y) peserta didik. Untuk itu, dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengaruh yang positif bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar PAI.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Motivasi belajar, Projek Based Learning, PAI |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Wida Sunengsih |
| Date Deposited: | 23 Nov 2023 08:34 |
| Last Modified: | 27 Mar 2024 03:59 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/839 |

