Relevansi Pendidikan Keluarga Dalam Prespektif Tafsir Surat Luqman Ayat 12-19 Di Era Milenial

Asep Sa'addudin, 1901060 (2023) Relevansi Pendidikan Keluarga Dalam Prespektif Tafsir Surat Luqman Ayat 12-19 Di Era Milenial. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (112kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam era milenial ini, banyak anak yang kurang mendapat pendidikan dalam keluarga, padahal dasar pendidikan itu berawal dari lingkungan keluarga dimulai dari pembiasaan yang di biasakan di dalam keluarga atau perkara apa saja yang dilakukan oelh orangtua, hal itulah yang akan pertama kali teringan dan terpelajari anak sampai dia besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan menganalisis nilai-nilai pendidikan keluarga yang terkandung dalam Surat Luqman ayat 12-19. Metode analisis tafsir dan konteks sosial digunakan untuk mengartikan dan mengkaji makna-makna dalam ayat-ayat Surat Luqman tersebut, serta menghubungkannya dengan tantangan dan peluang yang dihadapi keluarga di era milenial. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data primer diperoleh melalui studi tafsir yang dilakukan oleh ulama-ulama terkemuka. Selain itu, data sekunder diperoleh melalui literatur terkait tentang pendidikan keluarga, perkembangan generasi milenial, dan nilai-nilai Islam dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayat-ayat Surat Luqman ayat 12-19 menggarisbawahi pentingnya memberikan pendidikan yang holistik kepada anak-anak, meliputi pendidikan agama, moral, akhlak, dan kebijaksanaan. Nilai-nilai seperti penghormatan terhadap orang tua, pemahaman agama yang mendalam, serta pengembangan akhlak yang baik sangat relevan dalam membentuk generasi milenial yang tangguh dan bertanggung jawab, prinsip�prinsip inti tersebut tetap memberikan fondasi yang kuat untuk pendidikan keluarga yang sukses. Penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana Surat Luqman ayat 12-19 dapat menjadi panduan bagi keluarga dalam mendidik anak-anak di tengah tantangan zaman milenial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Era Milenial, Pendidikan Keluarga, Tafsir Surat Luqman Ayat 12-19
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asep Sa'addudin
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:11
Last Modified: 23 Mar 2024 04:08
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item
View Item