Dini Suminar, A1801009 (2022) Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Religiusitas Siswa MTs Nurul Hidayah Batujajar. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (947kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (295kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (682kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (731kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (655kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (55kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (56kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Religiusitas siswa perlu dibimbing dan dibina sebagai bentuk pencegahan terjadinya kemerosotan dalam aspek religiusitas. Oleh karena itu, kegiatan keagamaan di sekolah diharapkan dapat membina religiusitas para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui bagaimana pengaruh dari kegiatan keagamaan terhadap religiusitas siswa MTs Nurul Hidayah Batujajar. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta metode yang digunakan adalah metode survei. Dalam teknik pengumpulan data dari responden menggunakan instrumen berupa angket/kuesioner. Adapun hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh kegiatan keagamaan terhadap religiusitas siswa. Hal tersebut diketahui dari hasil uji hipotesis bahwa hasil output uji t dengan SPSS diketahui nilai t hitung = 8,805 > t tabel = 1,990, yang menandakan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel kegiatan keagamaan dengan variabel religiusitas siswa. Diketahui pula bahwa persamaan regresinya Ŷ = 35,143 + 1,132X, yang menunjukkan bahwa nilai konsisten variabel Y (Religiusitas Siswa) adalah sebesar 35,143. Koefisien regresi X sebesar 1,132 menunjukkan arah nilai positif serta menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai variabel X (Kegiatan Keagamaan), maka nilai variabel Y (Religiusitas Siswa) bertambah sebesar 1,132. Koefisien korelasi sebesar 0,706 yang menandakan terdapat hubungan yang positif dan kuat antar variabel. Besar pengaruh pengaruh variabel kegiatan keagamaan terhadap variabel religiusitas siswa adalah 49,9%. Sedangkan sisanya 50,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel kegiatan keagamaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan keagamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap religiusitas siswa MTs Nurul Hidayah Batujajar. Dengan adanya penelitian ini diharapkan sekolah dapat mempertahankan atau meningkatkan pembiasaan kegiatan keagamaan kepada siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Kegiatan keagamaan, Religiusitas siswa. |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dini Suminar |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 08:55 |
Last Modified: | 16 Mar 2024 07:48 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/186 |