Upaya Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Agama Islam (PAI) Di SD Negri Baktimulya Kec. Gununghalu Kab. Bandung Barat

Agus Hidayat, 1601003 (2020) Upaya Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Agama Islam (PAI) Di SD Negri Baktimulya Kec. Gununghalu Kab. Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (172kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (973kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kemampuan memahami mata pelajaran Pendiidkan Agama Islam yang merupakan pelajaran yang sangat penting bagi peserta didik untuk memahami serta mengamalkan kaidah kaidah agama. Sehingga peningkatan hasil belajar sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui hasil dari peningkatan belajar siswa di SDN Baktimulya Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. 2. Untuk mengetahui penerapan dan langkah-langkah pembelajaran PAI SD Negri Baktimulya. 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program pembelajaran PAI SDN Baktimulya Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Peningkatan berasal dari kata ”tingkat” yang berarti keadaan atau kualitas yang lebih tinggi. Sedangkan kata “peningkatan” berarti usaha atau proses meningkatkan. Sedangkan kualitas yang berarti hasil akhir dari sesuatu. Kata Metode berasal dari kata “methodos ” yaitu pengajaran pengetahuan, cara penyelidikan atau langkah langkah yang di tempuh untuk menyelesaikan sebuah masalah . Sedangkan Mapel PAI adalah suatu pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang atau instansi Pendidikan yang memberikan materi mengenai agama Islam kepada siswa baik dari segi akademis maupun dari segi praktik yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan Metode Mind Mapping merupakan Metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran yang ditekankan pada upaya memahami pelajaran , dan melakukan pembiasaan dalam memahami serta cara mengamalkanya. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian dalam skripsi ini adalah jenis penelitian deskripstif analisis. Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negri Baktimulya. Prosedur pengumpulan data nya menggunakan metode observasi, wawancara, dokmentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Kemudian Keabsahan temuan di cek dengan cara trianggulasi. Subjek penelitian dalam skripsi ini adalah kelas V SD Negri Baktimulya. Sumber data didapatkan dari beberapa siswa kelas V, Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Kepala Sekolah SD Negri Baktimulya. Hasil Temuan Penelitian ini 1. Penerapan metode Mind Mapping pada pelajaran PAI kelas V SDN Baktimulya Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat dilakukan oleh guru kepada peserta didik dengan cara mengkolaborasi anatara metode Mind Mapping dan metode yang lama 2. Hasil belajar siswa sebelum dilakukan penerapan metode Mind Mapping oleh guru kepada peserta didik prestasi siswa dianggap biasa biasa saja belum ada kenaikan secara signifikan dikarenkan metode belajar yang digunakan masih dengan metode yang yang lama memodifikasi metode yang satu dengan yang lainya dalam pembelajaran 3. Hasil belajar setelah Penerapan menggunakan metode Mind Mapping sangat terlihat dengan meningkatnya aktivitas positif siswa hal itu dapat di lihat dari tiap siklus aktivitas siswa yang positif meningkat dari siklus I sebesar 44,45%, siklus II sebesar 61,11% dan siklus III sebesar 75%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Peningkatan, Hasil , Belajar , Metode
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 10 Aug 2023 18:53
Last Modified: 01 Apr 2024 04:59
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item
View Item